Header Ads

Penyebab Tidak Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

     Hallo yay.. Balik lagi di CatatanKiyay. Kali ini kita akan membahas tentang Penyebab Tidak Perpacaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum.
     Nah pasti banyak di antara kalian yang merasa malu, deg-degan, bahkan gemetaran saat berbicara di depan umum, seperti saat presentasi di sekolah misalnya. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kita menjadi gugup saat berbicara di depan umum?

1. Persiapan yang Kurang
     Persiapan yang kurang adalah salah satu alasan kenapa kita suka gugup saat berbicara di depan umum. Jadi apa yang harus kita lakukan?. Tentu saja menyiapkan semuanya secara matang, seperti bahan-bahan apa saja yang harus kita siapakan, materi pembahasan, dan apa saja yang harus kita bicarakan saat di depan nanti.

2. Rasa Malu
     Tentu saja rasa malu pasti ada pada setiap diri seseorang. Namun tinggal bagaimana cara kita menyikapi rasa malu itu.  Jadilah orang yang terbuka kepada semua orang, agar orang lain bisa memandang positif terhadap kita, sehingga membuat kita tidak malu lagi ketika berbicara di depan banyak orang.

3. Pengalaman Masa Lalu yang Membuat Trauma
     Pengalaman masa lalu yang pernah kita alami adalah salah satu alasan juga kenapa kita suka gugup saat berbicara di depan umum. Pengalaman yang buruk dan memalukan membuat kita teringat selalu akan kesalahan itu, hingga terbawa di kemudian hari.
     Jadikanlah hari ini selalu baik, agar menjadi masa lalumu yang baik pula, hingga menjadi nilai positif dalam hidupmu, walau memang manusia tak luput dari kesalahan, setidaknya kamu punya lebih banyak kebaikan daripada kesalahan itu.

4. Tidak Adanya Dukungan dari Orang Terdekat
     Kebanyakan orang terdekatmu tidak mendukung apa yang kamu inginkan karena keinginanmu tidak sama dengan keinginan mereka. Mereka selalu menuntutmu untuk melakukan apa yang mereka harapkan, bukan apa yang kamu inginkan.
     Perbaikilah hubungan dengan orang terdekatmu, ceritakan apa yang tengah ingin kamu lakukan, konsultasi dengan mereka, minta lah sarannya, agar mereka lebih mengerti lagi tentang kamu.

5. Kritik yang Menjatuhkan
     Kritik yang sebenarnya adalah suatu penilaian terhadap apa yang dilakukan seseorang, agar seseorang itu menjadi lebih baik lagi, dan memberikan solusinya. Nmaun kebanyakan orang mengkritik hanya untuk menjatuhkan orang tersebut, tanpa memberi solusi apa yang harus dilakukan agar menjadi lebih baik. Jika memang seperti itu, biasakanlah dirimu terhadap kritikkan apapun yang dapat menjatuhkan, ambil sisi positifnya, yaitu kamu harus menjadi lebih baik lagi.

     Nah mungkin itu beberapa alasan kenapa kita suka gugup saat berbicara di depan umum. biasakan jadi orang yang banyak bercerita atau banyak bicara di depan teman-temanmu, sehinnga kamu bisa terbiasa dengan keramaian orang orang.


Baca juga, Laptop Gaming di Bawah 7 Juta


No comments

catatankiyay. Powered by Blogger.